Sabtu, 01 Mei 2010

Paradoks

Apa anda pernah mendengar tentang paradoks. Paradoks adalah sebutan untuk pernyataan yang bertentangan dengan logika matematika dan salah secara logika. Beberapa paradoks yang terkenal dalah paradoks Zeno, Russel, dan Einstein atau paradoks kembar.

Pardoks zeno berbunyi:

'Ada lomba balap lari antara kura-kura melawn Achilles. Tapi kura-kura diberi kesempatan untuk bergerak lebih awal kira - kira 1 km. Achilles bergerak dua kali lebih cepat dari kura kura. Saat Achilles telah samapi pada jarak 1 km, kura-kura pasti sudah bergerak dan mencapai jarak 1,5 km. saat. Saat Achilles mencapai jarak 1,5 km, kura-kura mencapai jarak 1.75 km. Begitu seterusnya'

Jadi ia takkan bisa mengejar kura-kura sampai kapan pun. Tapi itu pernyataan yang salah. Penjelasannya bisa dijelaskan melalui konsep ketidakterbatasan.

Lalu paradoks Russel:

'Disebuah daerah hanya ada 1 tukang cukur. Tidak ada orang yang mencukur rambutnya sendiri. Hanya tukang cukur yang boleh mencukur. Semua orang harus dicukur. Lalu siapa yang akan mencukur si tukang cukur?'

ini hanya berlaku jika A elemen R jika dan hanya jika A bukan elemen dari A. Sedangkan paradoks kembar hanyalah pernyataan dari teori relativitas. Silkan pelajari lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar